Sunday, October 28, 2007

Pak Brict, Pak Ivan, Pak Denny

Terimakasih Saya sampaikan buat Pak Brict, Pak Ivan, Pak Denny dan pembaca lainnya yang memberikan support buat eksistensi blog ini.

Ketika meluncurkan www.posisi-saya.blogspot.com pada 22 November 2006 Saya sungguh tidak menyangka akan menerima permintaan untuk berbagi teknik (sistem) trading yang saya gunakan ini. Semula saya hanya ingin berbagi pengalaman tentang apa yang sedang saya pikirkan tentang kemungkinan arah pergerakan forex terutama GBP-USD.

Saya menyadari di awal mengenal forex, semangat akan bergelora luar biasa, seolah profit itu sangat mudah diperoleh. Keuntungan beribu-ribu dollar dapat dicapai dengan sekejap disetiap posisi yang kita tempatkan. Apalagi broker atau para penjual signal dengan segudang berita manisnya membuat kita mabuk, membuat kita lupa diri, membuat kita jadi ceroboh, tidak disiplin dll sehingga bukannya profit yang diperoleh tetapi malah seluruh modal tergerus alias bangkrut.
Pengalaman diatas banyak dialami oleh teman-teman pemula dan pengalaman tersebut juga pernah saya alami.

Setelah bergulat dengan minus dan minus, akhirnya saya melihat suatu pola pergerakan yang bersesuaian dengan Wave Elliott, angka ajaib Fibonacci, dukungan bollinger band + RSI, fractal, trendline, Gann Line dan beberapa indikator lainnya yang ternyata mereka saling bersinergi. Sistem ini saya uji sendiri, baik dengan cara review ke belakang maupun saya uji pada waktu riil. Saya uji dalam rentang waktu yang panjang agar akurasinya dapat mengcover seluruh siklus pergerakan harga.
Selain dengan peralatan teknikal tersebut saya juga belajar bagaimana memahami pola pikir yang dianut oleh mayoritas pelaku pasar. Karena menurut saya apa yang dipikirkan mayoritas pelaku akan menentukan tindakan apa yang akan diambil oleh mayoritas pelaku pasar tersebut. Tindakan mayoritas pelaku pasarlah yang akan memenangkan arah pergerakan yang hendak dituju di setiap siklus pergerakan.

Akhirnya keseluruhan sistem ini saya beri nama "Forex Sinergi".

Sejak kemunculan www.posisi-saya.blogspot.com saya banyak ditodong untuk berbagi sistem trading ini. Saya agak kebingungan untuk berbagi. Saya kebingungan karena tidak tahu dengan metode apa saya bisa berbagi "Forex Sinergi". Terus terang saya masih belum tahu bagaimana cara membuat pelatihan secara online. Karena itu saya hanya mencoba menuliskannya kedalam sebuah ebook.

Saya berhutang janji (membuat ebook) sudah sangat lama, sejak beberapa bulan www.posisi-saya.blogspot.com. Karena itu sobat pembaca yang sudah lama (termasuk pak Brict) pasti ingat dan selalu menagih janji yang hingga kini belum bisa saya penuhi itu.

Ada beberapa alasan mengapa ebook tersebut belum juga selesai, diantaranya soal waktu.

Saat ini ebook tersebut sudah memasuki Bab inti, yaitu bab tentang teknik mengukur ketinggian wave. Setelah Bab tersebut baru akan memasuki teknik penempatan posisi dan teknik penyelamatan posisi. Untuk melengkapi bab-bab tersebut saya sedang mengumpulkan contoh-contoh chart pada pergerakan harga riil.

Saya mohon doa restu dan dukungan teman-teman agar ebook ini dapat selesai secepatnya.

Salam Sukses,


T. Asra
www.posisi-saya.blogspot.com

1 comment:

hamdy said...

Assalamu alaikum wr wb

Masih ingat saya Ifla Surabaya pak?
baru sekarang bisa mampir ke blok Bapak.

Saya juga nunggu ebooknya lho pak?

Beberapa bulan lalu sampai sekarang sibuk mengikuti forum di FF. alamat blog P Asra lama hilang di compu saya akibat install ulang windows jadi lama nggak buka blognya P Asra.

Baru setelah di googling ketemu lagi.

Bagian yang menarik yang disebutkan P Asra di atas itu yang saya tunggu? Sampai sejauh mana wave malanjutkan geraknya dan kembali pull back. Ini yang sering kali kita kecele..., dikiranya terus taunya balik. dan ini yang bikin banyak newbie habis modal.

Mudah-mudahan segera selesai Pak!!

Salam sukses juga untuk P Asra.

Ifla
Surabaya